Latihan soal materi kewarganegaraan semester 2
Dosen : Arry Soekawati, Drs, Mhum
Mata kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
Nama Mhs : Nia Primatsari
No Mhs : 109.5211.037
1. a). Uraikan tentang materi PKN?
• Wawasan Nusantara
• Ketahanan Nasional
• Politik strategi nasional
• Politik srtategi Hankamnas
• Sistem Hankamrata
b). Sebutkan landasan hukum, maksud, tujuan, misi, visi & kompetensi PKN?
• Landasan Hukum :
UUD 1945
Pembukaan UUD 1945 dalam alinea kedua & keempat, tersurat dalam cita2, tujuan & aspirasi bangsa Indonesia tentang kemerdekaannya.
Pasal 30 ayat ( 1 ), Tiap2 warga Negara berhak & wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara.
Pasal 31 ayat ( 1 ), Tiap2 warga Negara berhak mendapatkan pengajaran.
Keputusan Bersama Mendikbud & Menhankam/ Pangab
UU no. 20/ 1982 tentang ketentuan2 pokok pertahanan keamanan Negara RI ( Lembaran Negara 1982 No. 51, TLN 3234 )
Surat keputusan bersama mendikbud & Menhankam
UU No.2 thn 1989 tentang system pendidikan nasional
• Maksud : Untuk memperluas cakrawala berpikir para mahasiswa sebagai warga Negara Indonesia sekaligus sbg pejuang bangsa dlm usaha menciptakan serta meningkatkan kesejahteraan & keamanan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa & Negara demi terwujudnya aspirasi perjuangan nasional dg tujuan untuk memupuk kesadaran bela Negara & berpikir komprehensif integral di kalangan mahasiswa dlm rangka ketahanan nasional.
• Tujuan :
Kecintaan kpd tanah air
Kesadran berbangsa & bernegara kesatuan RI
Yakin akan kesaktian Pancasila & UUD 1945
Rela berkorban demi bangsa & Negara
Kemampuan awal bela Negara.
• Misi : Membantu mahasiswa selaku warga Negara agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia serta kesadaran berbangsa, bernegara dalam menerapkan ilmunya secara bertanggunmg jawab terhadap kemanusiaan.
• Visi : Menjadi sumber nilai dan pedoman penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya selaku warga Negara yang berperan aktif menegakkan demokrasi menuju masyarakat madani.
• Kompetensi PKN : untuk menguasai kemampuan berpikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual, serta mengantarkan mahasiswa selaku warga Negara RI yang memiliki :
1.Wawasan kesadaran bernegara untuk bela Negara dengan cinta tanah air
2.Wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa demi ketahanan nasional
3.Pola fakir, sikap yang komprehensif integrative (menyeluruh dan terpadu) pada seluruh aspek kehidupan nasional.
2. a). Uraikan secara detail apa yg dimaksud dg manusia unggul, anggun scr moral, serta memiliki intelektual tinggi?
Manusia unggul adalah manusia yang modern efektif dan efisien serta menerima kemajuan teknologi dan mampu menyaring hall-hal yang negative.
b). Jelaskan apa yang dimaksud dengan humanistic education dan masarakat madani?
Humanistic Education : secara substantif dan pedagogis didesain untuk mengembangkan warganegara yang cerdas dan baik untuk seluruh jalur dan jenjang pendidikan.
Masyarakat Madani : membangun kota budaya bukan sekedar merevitalisasikan adab dan tradisi masyarakat local, tetapi lebih dari itu adalah membangun masyarakat yang berbudaya agamis sesuai keyakinan indifidu, masyarakat berbudaya yang saling cinta dan kasih yang menghargai nilai-nilai kemanusiaan .
3. a). Bedakan Human Education, Democratic sipilite & Civil society?
• Human Education : secara substantif dan pedagogis didesain untuk mengembangkan warganegara yang cerdas dan baik untuk seluruh jalur dan jenjang pendidikan.
• Democratic Sipilite : suatu masyarakat yg memiliki kebebasan dalam memilih/ dipilih dalam Negara tersebut.
• Civil society : salah satu kelompok masyarakat yang terlepas dari Negara.
b). Bagaimana pertahanan dinegara Jepang, Philipina, Korea Utara?
Membentuk angkatan bersenjata Reguler. Meningkatnya rasa rasionalisme (baru) yang berkembang di masyarakat ikut mempengaruhi orientasi pertahanan Jepang menghadapi perkembangan di Asia Timur, akibat ancaman senjata nuklir dan perilaku Korea Utara yang dianggap akan mengganggu keamanan dan mengancam survival Jepang, termasuk untuk menjadi anggota tetap DK-PBB.
4. a). Bagaimana masa depan bangsa setelah adanya explorasi minyak?
pemerintah masih menanggung cost recovery eksplorasi minyak yang dikeluarkan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama ) . Semakin besar cost recovery makin berkurang pendapatan pemerintah. Sebaliknya, makin efisien makin besar penerimaan yang didapat. Besar kecilnya cost recovery bergantung pada sistem pengawasan dan pengendalian yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini BP Migas.
Salah satu yang janggal adalah jumlah produksi minyak Indonesia yang dilaporkan lebih sedikit dari realisasi sebenarnya. Sehingga hampir setiap tahun lebih dari 16,102 juta barel minyak tidak terdata. Jika dikalkulasikan selama tujuh tahun, hasilnya 128, 820 juta barel minyak tidak ketahuan rimbanya.
b). Bagaimana ciri2 negara modern?
• Memiliki tambang uranium
• Kesejahteraan penduduk dan keamanan negara yang terjamin
• Adanya kepastian hokum
• Tegaknya demokrasi termasuk kebebasan pers serta hubungan internasional yang mulus.
5. a). Apa yang dimaksud dengan Negara Superpower? Adalah sebagai Negara penguasa tunggal yg mempunyai kekuatan menaklukan negara2 penghasil minyak, dll. Mmepunyai kekuatan tempur yg hebat dan kuat.
b). Bagaimana ancaman dari suatu Negara yg beradab?
Indonesia adalah negara kesatuan dengan system otonomi, bukan negara federal dengan negara bagian, yang kepala negara bagian ada sebutan menteri besar, gubernur, raja dan lain-lain yang punya hak prerogative dalam penunjukan dan pengankatan pejabat negara bagiannya, sekali kita tidak.
1. Ancaman di dalam negeri
Contohnya adalah pemeberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat indonesia.
2. Ancama dari luar negeri
Contohnya adalah infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invasi dari darat, udara dan laut oleh musuh dari luar negri.
c). Bgaimana masa depan bangsa kalau terjadi peledakan penduduk?
Pasti beban pemerintah bakal semakin berat mengingat semakin menurunnya sumber daya energi dan kompetisi global yang semakin ketat. Apangan pekerjaan semakin sempit, banyak kemiskinan, banyak orang yang akan mengalami kurangnya pendidikan, pertikaian dimana2, kriminalitas meningkat.
d). Bagaimana kemajuan teknologi pada orde baru dan orde reformasi?
Kemajuan sama2 bertambah pesat bahkan ada kemajuan yg tidak terkendali dan berdampak negative bagi kehidup bangsa dan bermasyarakat, salah satunya yaitu menjadi lebih individu.
###SELAMAT BELAJAR###
Kamis, 08 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar